Tips Merawat Mesin Mobil Bekas Supaya Tetap Prima

Merawat Mesin Mobil Bekas Supaya Tetap Prima

Agar mobil Anda tetap pada kondisi prima serta tetap sehat, Anda diharuskan secara rutin untuk melakukan perawatan. Merawat mesin mobil bekas memang tidaklah mudah namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Secara rutin Anda harus memeriksa bagian-bagian mesin supaya tetap nyaman digunakan. Namun, tidak sedikit orang yang mengetahui cara untuk merawat mobil bekas ini dengan baik. Apabila mobil bekas Anda dirawat dengan baik, akan mudah untuk Anda apabila ingin menjual kembali dengan harga yang cukup layak.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, supaya mesin mobil bekas tetap prima ketika digunakan, maka Anda dapat mencoba beberapa trik merawat mobil bekas yang baik. Kita harus lebih fokus untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap nyaman ketika digunakan. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat mesin mobil bekas, berikut ini penjelasannya:

1. Mengganti Oli Secara Berkala

Tips berikutnya untuk merawat mesin mobil bekas yaitu dengan mengganti oli secara rutin. Seperti yang diketahui, kinerja mesin mobil sangat bergantung pada perawatan oli. Supaya kondisi pada mesin mobil ini tetap bagus, dengan begitu pergantian oli pada mobil sebaiknya dilakukan secara berkala sesuai dengan standar aturan dari masing-masing jenis mobil itu sendiri. Pada umumnya untuk mengganti oli mobil sendiri sangat penting, apabila kendaraan Anda sudah menempuh jarak sekitar 3000-5000 km. Tidak cukup disitu saja, dalam pemilihan oli untuk mobil yang cocok dengan standar mesin pada mobil Anda, dapat mencegah panas yang berlebih pada mesin kendaraan Anda. Sebab oli sangat penting untuk ketahanan mesin mobil, yaitu dapat menahan gesekan pada mesin mobil.

2. Memeriksa Coolant (Cairan Radiator)

Untuk merawat mesin mobil bekas diawali dengan cara pemeriksaan pada cairan radiator. Adapun fungsi dari radiator ini memang sangat penting, yakni untuk menetralkan temperatur pada mesin mobil. Jika air pada radiator kosong, maka tidak hanya mengakibatkan terjadinya kerusakan pada mesin saja, tetapi juga dapat membahayakan sipengemudi mobil tersebut. Air yang kosong pada radiator dapat menyebabkan hawa panas atau sering dikenal dengan sebutan overheat dalam mesin. Dikarenakan fungsi pada radiator ini sangat penting untuk mesin mobil, sudah seharusnya Anda secara rutin dan berkala memeriksa cairan yang terdapat didalam radiator mobil. Untuk merawat mesin mobil bekas ini memang cukup sederhana untuk dilakukan, akan tetapi memiliki peranan sangat tinggi bagi mesin mobil Anda.

3. Pembersihan Pada Filter Karburasi

Cukup banyak mobil bekas yang terkadang sulit untuk dihidupkan, hal ini sebenarnya disebabkan oleh kotornya saringan di filter karburasi mobil. Dengan begitu, Anda harus melakukan perawatan mesin mobil bekas dengan cara membersihkan filter karburasi mobil secara rutin. Untuk merawat mobil bekas dengan membersihkan filter karburasi yaitu dengan menggunakan sikat gigi sebagai alat untuk membersihkan kotoran serta kerak yang menempel pada filter karburasi. Sangat dianjurkan untuk menghindari alat compressor maupun hairdryer ketika membersihkan bagian filter karburasi ini supaya terhindar dari kerusakan pada lapisan filter.

4. Dengan Memacu Mobil Anda

Tips merawat mesin mobil bekas selanjutnya yaitu dengan selalu memacu mobil Anda dengan cara menginjak gas mobil lebih dalam agar kerak yang ada didalam mesin dapat keluar lewat knalpot. Hal ini disebabkan, penggunaan mesin mobil dengan waktu yang cukup lama dapat menimbulkan kerak dibeberapa bagian pada mesin mobil. Akan tetapi, selain itu Anda pun harus lebih memperhatikan keamanan pada saat berkendara ketika ingin mencoba untuk memacu mobil Anda dengan kecepatan yang tinggi.

Selain merawat mesin mobil bekas yang telah dijelaskan diatas, Anda juga dianjurkan untuk merawat bagian mobil lainnya. Seperti memeriksa ban mobil secara rutin, terlebih lagi ketika Anda ingin menggunakan mobil. Anda juga harus memeriksa tekanan angin dan ketebalan pada ban mobil. Karena, tekanan ban dan kebetabalan ban yang kurang merupakan salah satu faktor terjadinya kecelakaan pada kendaraan. Dan jangan lupa untuk memeriksa lampu mobil dengan menggantinya pada saat lampu mobil sudah mati.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Copyright ©  2010-2020 Rentalpekanbaru.com.
Pusat Rental Mobil Murah Pekanbaru​. All rights reserved.  

Build by WordPress | Create By Juwarawebsite